Logo

BISNIS SUKSES

BISNIS SUKSES

BISNIS SUKSES

 

1.- SELALU JUAL PRODUK DENGAN KUALITAS TERBAIK.

 

Tukang es kelapa muda A menggunakan gula murni, tukang es kelapa muda B menggunakan biang gula yang rasa manisnya artifisial dan terasa tidak enak di tenggorokan.

 

Bahan terbaik diperlukan untuk menciptakan produk yang berkualitas. Jika bahan terbaik sedang tidak tersedia karena suatu hal, lebih baik tahan dulu produksi dibandingkan harus menurunkan kualitas.

 

2.- LOKASI, LOKASI, LOKASI.

 

Tukang es kelapa muda yang berjualan di depan kantor akan jauh lebih ramai pembeli dibandingkan tukang es kelapa muda di depan kompleks pemakaman, misalnya. : Lokasi strategis menentukan traffic pembeli.

 

3.- BRAND EXTENTIONS BISA ‘MEMBUNUH’ KOMODITAS AWAL.

 

Es kelapa muda yang laris manis membuat tukang es kelapa muda berpikir untuk mengembangkan bisnisnya dengan menambah es campur dalam ‘daftar menu’.

 

Apa yang terjadi ? Tukang es kelapa muda kehilangan brand speciality – nya dalam membuat es kelapa muda sehingga rasa es campur maupun es kelapa muda menjadi ‘tanggung’.

 

Dengan kata lain, lebih baik menjual 1 produk unggulan berkualitas dibandingkan menjual bermacam – macam produk dengan kualitas biasa saja.

 

4.- PENDEKATAN PERSONAL.

 

“Tumben sendirian, Mbak. Biasanya bareng temannya”, kata tukang es kelapa muda sambil menyendokkan gula cair ke gelas es kelapa muda.

 

Mungkin kita tidak menyadari, si penjual es kelapa muda sedang melakukan pendekatan personal sebagai customer.

 

Tidak perlu banyak basa basi promosi produk, ajak konsumen bicara seputar hal ringan. Ini akan menciptakan semacam ‘ikatan’ antara penjual dan pembeli.

 

5.- BICARA BAHASA KONSUMEN.

 

Pembeli A suka dua sendok gula untuk es kelapa mudanya, pembeli B suka satu sendok, sementara pembeli C tidak suka menambahkan gula.

 

Seorang tukang es kelapa muda harus tahu selera customer – nya. Memang butuh waktu untuk mempelajari keinginan customer tetapi percayalah, it’s what keeps them coming back for more.

 


User ID
Password

Promotion

Jumlah Pengunjung

1375327