Logo

KIAT SUKSES BERBISNIS

KIAT SUKSES BERBISNIS

KIAT SUKSES BERBISNIS

 

Berbicara mengenai bisni tidak akan pernah ada habisnya, karena memang sangat banyak jenis bisnis dari mulai yang gratisan sampai yang berbayar.

 

1. TETAPKAN TUJUAN

 

Tetapkan tujuan yang kuat ketika mulai menjalani bisnis dengan serius. Tujuan yang kuat dapat dijadikan patokan serta sumber motivasi ketika ditengah jalan ada godaan yang menerpa bisnis.

 

Tujuan ibarat sebuah rel, tetaplah berada dijalur yang telah ditetapkan, sampai apa yang menjadi tujuan tercapai.


2. LAKUKAN SURVEY PASAR


Menjalankan bisnis bukan hanya melakukan pemasaran produk. Bukan pula hanya melulu berpikir bagaimana agar produk laku dipasaran.

 

Sebelum menjalankan bisnis, perlu terlebih dahulu melakukan survey pasar, melihat sejauh mana produk dibutuhkan masyarakat, bukan memaksakan agar produk diterima oleh masyarakat.

3. SELANGKAH DEMI SELANGKAH


Bisnis dijalankan selangkah demi selangkah. Tidak berarti akan membuat perkembangan bisnis menjadi lambat. Pelajari setiap langkah yang dilalui dan rencanakan langkah selanjutnya.

4. FOKUS


Fokus pada bisnis yang dijalankan. Dengan fokus, akan dapat mencurahkan perhatian secara total 100% untuk mengembangkan bisnis. Pekerjaan akan terasa lebih ringan dikarenakan kontrol yang dilakukan akan lebih mudah.


5. BANGUN DAN PERLUAS JARINGAN KERJA


Di bisnis, jaringan kerja merupakan aset yang sangat berharga. Membangun maupun memperluas jaringan membutuhkan kerja keras.

 

Kita harus dapat membangun komunikasi yang baik dalam berinteraksi dengan teman, kawan dan rekan kerja. Mempelajari bermacam karakter manusia juga diperlukan agar komunikasi semakin lancar.


6. BERANI MENGAMBIL RESIKO SECARA CERMAT


"Resiko" identik dengan penderitaan, kerugian, kesusahan dan sejenisnya. Ubahlah pemikiran negatif tentangnya.

 

Resiko akan membuat kita belajar untuk berani melangkah, berani mencoba dan berani mengambil keputusan.

 

Berani mengambil resiko dapat dimulai dengan memperhitungkan resiko terbesar yang mungkin saja terjadi, persiapkan diri dan lakukan tindakan untuk mengurangi resiko tersebut.

7. PANTANG MUNDUR


Tentunya semua orang yang telah sukses di bisnis pernah melalui rintangan dan hambatan yang tidak mudah.  Banyak dari mereka berkata bahwa kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda.

 

Terus berusaha dan tetaplah konsisten walaupun mungkin bisnis belum membuahkan hasil sesuai dengan harapan. Jangan cepat menyerah. Lakukan evaluasi dan perbaikan secara berkala agar bisnis tetap terkontrol.


8. JAUHI PENUNDAAN


Tentukan tiap langkah dalam menjalani bisnis dan segera lakukan. Melakukan penundaan akan membuat bisnis berkembang dengan lambat.

 

Lawan rasa malas yang biasa menyerang. Sama seperti mendorong mobil. Saat pertama mendorong adalah saat terberat. Namun ketika mobil sudah melaju, pekerjaan akan menjadi lebih ringan.


9. BELAJAR DARI PENGALAMAN


Ada pepatah :

"Pengalaman Adalah Guru Terbaik".

 

Demikian juga dalam menjalani bisnis, pengalaman mengalami kegagalan akan membuat kita bertambah matang. Jika pelaku bisnis pemula, akan dapat belajar dari pengalaman orang lain.

 

Belajar dari pengalaman penting untuk meminimalkan resiko kegagalan. Paling tidak, akan dapat menghindari kesalahan yang pernah dilakukan sebelumnya.

 

"Orang sukses bukanlah orang yang tidak pernah gagal. Tetapi orang sukses adalah orang yang mampu bangkit dari tiap kegagalan yang dialaminya"

 


User ID
Password

Promotion

Jumlah Pengunjung

1359584