Logo

FOKUS PRIORITAS

FOKUS PRIORITAS

FOKUS PRIORITAS

 

Ini yang dikatakan Peter Drucker, perumus ilmu manajemen. jika kita seorang pimpinan maka salah satu tugas utama kita adalah menetapkan prioritas. Kita susun hal – hal yang perlu dikerjakan, lalu diurut menjadi prioritas.

 

Selanjutnya, ambil satu (atau maksimum dua) tugas untuk dikerjakan dengan sungguh – sungguh hingga tuntas. Setelah tugas selesai dikerjakan, kembali lihat daftar prioritas. Tetapi, jangan langsung ambil tugas berikutnya.

 

Yang harus dilakukan adalah membuat prioritas ulang ! Menurut Peter Drucker, kondisi terus berubah. Apa yang sebelumnya prioritas tinggi boleh jadi sesaat berikutnya bukan lagi prioritas paling tinggi.

 

Jadi, kita harus selalu melakukan prioritisasi ulang. Ada dua pesan yang disampaikan Peter Drucker dalam kaitan dengan prioritas.

 

# Pertama, kerjakan hanya satu tugas setiap saat.

 

# Kedua, lakukan re – prioritisasi setiap kali kita akan mengambil tugas berikutnya.

 

Seperti dikatakan Peter Drucker : "Bagaimananpun setelah menyelesaikan tugas yang menjadi prioritas utama, eksekutif harus menyusun ulang prioritas dan bukannya bergerak pada prioritas kedua dalam daftar semula".

 

Peter Drucker bertanya, : “Apa yang harus dilakukan sekarang ?”

 

Biasanya, hal ini akan menghasilkan prioritas baru yang berbeda.

 

Peter Drucker sendiri, sebagai ahli manajemen, menolak menjadi eksekutif bisnis walaupun banyak sekali tawaran dari perusahaan – perusahaan besar. Dia fokus hanya merumuskan dan menulis ilmu manajemen.

 

”Saya tidak pernah menemukan seorang eksekutif yang dapat tetap efektif jika menangani lebih dari 2 tugas dalam waktu bersamaan”. Peter Drucker

User ID
Password

Promotion

Jumlah Pengunjung

1375322